menu

14 Agustus 2018 news

Ide Nekat Syahroni: Hasil Memasak Dijual Online #CeritaMadhang

Usaha Banana Nugget Bang Roy berawal dari hobi Syahroni yang senang memasak. Pada akhir pekan, pria yang juga bekerja sebagai driver hotel ini biasa membuat beragam kue seperti bolu dan kue nastar. Syahroni mengaku tidak memiliki takaran khusus dalam membuat kue. Ketika hasilnya kurang memuaskan barulah ia mencari referensi dari video tutorial di internet dan memperbaiki kesalahannya.  Meskipun suka memasak, anak ke-5 dari enam bersaudara ini jarang sekali mencicipi hasil masakannya. Biasanya kue buatannya habis dimakan adik dan kakaknya, selebihnya dibagikan ke tetangga. Dari para tetangga itulah ia mendapatkan banyak masukan mengenai kue buatannya.

 

 

Syahroni juga senang berinovasi dalam membuat kue. Suatu hari ia melihat salah seorang teman menjual pisang krispi dan tertarik untuk membuatnya. Namun, karena sedikit kesalahan dalam memasak yang ia buat bukanlah pisang krispi tapi pisang berbentuk nugget alias banana nugget. Dengan modal nekat, hasil masakannya tersebut kemudian ia jual melalui sosial media dalam bentuk frozen atau beku. Tak disangka banana nugget frozen buatannya ludes terjual.Bahkan salah seorang pelanggannya menyarankan untuk menjual banana nugget yang sudah matang lengkap dengan beragam varian rasa dan taburan. Ide tersebut kemudian ia realisasikan dan ia jual secara online dengan nama Banana Nugget Bang Roy.

 

 

Syahroni mengaku proses pembuatan banana nugget sendiri memakan waktu cukup lama. Dalam sekali produksi pria berusia 27 tahun ini mulai memasak sejak pukul 8 pagi hingga pukul 9 malam. Karena keterbatasan alat, untuk membuat 36 loyang banana nugget mentah dibutuhkan enam kali proses mengukus secara bergantian masing-masing membutuhkan waktu 30 menit. Setelah itu banana nuget disimpan dalam freezer dan siap digoreng ketika ada pesanan. Sebenarnya jika disimpan dalam freezer banana nugget beku bisa bertahan hingga satu bulan. Namun Syahroni memproduksi setiap dua hari sekali demi menjaga kualitas usahanya.

 

 

Meskipun masih berbentuk usaha rumahan, dalam sehari Banana Nugget Bang Roy bisa menerima hingga 50 pesanan bahkan sering kehabisan persediaan. Syahroni berharapkedepannya ia dapat  membangun warung permanen agar usahanya semakin lancar.

Jadi, gunakan terus aplikasi Madhang untuk mendukung produk kuliner rumahan buatan Syahroni dan UMKM lainnya. #janganlupamadhang